Sosialisasi Calon Dosen Pembimbing Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa Angkatan 2011

Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY melaksanakan sosialisasi calon Dosen Pembimbing Tugas Akhir Skripsi (TAS) untuk mahasiswa angkatan 2011. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan terobosan baru dalam upaya memperpendek waktu studi mahasiswa S1. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa, 7 Juli 2014 bertempat di Ruang 301 LPTK. Mahasiswa yang hadir sebanyak 31 orang mahasiswa. Mahasiswa yang tidak bisa mengikuti kegiatan ini dikarenakan tidak bisa meninggalkan lokasi KKN PPL.

Sosialisasi Calon Dosen Pembimbing diawali dengan pembukaan dan pengarahan dari Sekretaris Jurusan PT. Otomotif, Moch. Solikin, M.Kes. Selaku perwakilan jurusan, Bapak Moch. Solikin, M.Kes. menyampaikan bahwa lama waktu studi mahasiswa S1 Otomotif rata-rata lebih dari 4,5 tahun. Oleh karena itu, jurusan dan program studi PT. Otomotif FT UNY terus berupaya untuk memperpendek waktu studi mahasiswa S1. Salah satu program yang dilakukan yaitu setiap mahasiswa S1 yang sudah memenuhi syarat untuk mengerjakan TAS akan mendapatkan Calon Dosen Pembimbing.  Pembagian Calon Dosen Pembimbing TAS mahasiswa ditentukan berdasarkan tema masalah yang ada dalam proposal penelitian buatan masing-masing mahasiswa di mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan. Selain itu, mulai semester ganjil 2014/2015 setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah TAS menuliskan nama kelas sesuai dengan nama dosen pembimbing dalam Kartu Rencana Studi (KRS). Penulisan nama dosen pembimbing dalam KRS akan mempermudah pemantauan jumlah mahasiswa yang sedang aktif mengerjakan TAS.

Setelah pengarahan dari Jurusan, kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan hal-hal teknis yang harus dilakukan mahasiswa setelah kegiatan sosialisasi. Setelah kegiatan ini, setiap mahasiswa diminta untuk segera menemui calon dosen pembimbing dengan membawa proposal penelitian yang sudah dibuat. Jika calon dosen pembimbing menyetujui dan bersedia untuk membimbing, maka mahasiswa yang bersangkutan segera mengurus administrasi guna pengurusan SK Pembimbing Skripsi dan segera mulai mengerjakan skripsi. Jika mahasiswa dapat segera menemui dan mendapatkan persertujuan dari calon dosen pembimbing maka diharapkan mahasiswa dapat mengambil data penelitian bersamaan dengan kegiatan KKN PPL. Setelah KKN PPL selesai, mahasiswa diharapkan juga sudah mendapatkan data penelitian untuk Tugas Akhir Skripsinya. Dengan demikian, mahasiswa dapat menyelesaikan studinya kurang dari 4 tahun. IS.