Rekrutmen Mekanik Bengkel Prototype Honda Jurusan PT. Otomotif FT UNY

Bengkel prototype Honda Jurusan PT. Otomotif FT UNY mengadakan rekrutmen mekanik baru tahun 2014. Tujuan rekrutmen ini untuk menjaring mahasiswa-mahasiswa Otomotif khususnya angkatan 2013 dan 2014 yang memiliki komitmen untuk mengembangkan diri dalam kompetensi perbaikan dan perawatan sepeda motor serta manajemen bengkel.  Mahasiswa yang berkeinginan untuk mengikuti rekrutmen ini dapat mendaftar di bengkel prototype Honda Jurusan PT. Otomotif FT UNY mulai 11-21 November 2014.

Mahasiswa yang sudah mendaftar diharuskan untuk mengikuti tes yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 November 2014 pukul 08.00-selesai di bengkel prototype Honda. Tes yang harus dilalui meliputi tes teori, praktik, dan wawancara. Tes teori dan praktik dilakukan untuk menguji kompetensi calon mekanik baru dalam bidang perawatan dan perbaikan sepeda motor. Sedangkan tes wawancara dilakukan untuk mengetahui sejauhmana komitmen yang dimiliki oleh calon mekanik baru untuk aktif terlibat dalam mengembangkan bengkel prototype Honda.

Bagi mahasiswa yang lolos tes masuk akan menjadi anggota baru pengelola bengkel prototype Honda Jurusan PT. Otomotif FT UNY. Beberapa manfaat yang didapatkan ketika bergabung menjadi tim pengelola bengkel prototype Honda yaitu kesempatan untuk mengasah ketrampilan dalam perawatan dan perbaikan sepeda motor, meningkatkan kemampuan komunikasi dengan konsumen, dan meningkatkan kemampuan dalam manajemen bengkel. Menurut Moch. Solikin, M.Kes selaku salah satu perintis bengkel prototype Honda dan juga pengurus jurusan di PT. Otomotif FT UNY, mekanik yang aktif di bengkel prototype Honda juga akan memiliki nilai lebih ketika mengikuti seleksi untuk menjadi anggota tim yang dikirim mengikuti perlombaan/kejuaraan otomotif baik ditingkat Nasional atau internasional. Mahasiswa yang menjadi mekanik bengkel prototype Honda mendapatkan nilai lebih karena ketrampilan dan kemampuan teknis yang dimiliki pada umumnya lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa lain yang tidak aktif di bengkel prototype Honda. Salah satu contohnya pada tahun 2014 ini, terdapat 2 orang mekanik bengkel Prototype Honda yang menjadi anggota Tim Garuda ke kejuaraan di Korea dan 4 orang mekanik yang menjadi anggota tim Bondowoso ke kejuaraan IEMC di Surabaya.

Selain itu, aktifitas mahasiswa di bengkel prototype Honda ternyata juga berdampak signifikan terhadap karir alumni di dunia kerja. Selama kurun waktu 20 tahun berdiri sejak 1994, bengkel prototype Honda telah meluluskan sebanyak 48 alumni. Dari 48 alumni bengkel prototype Honda tersebut sebanyak 7 orang menjadi dosen baik di UNY maupun di Perguruan Tinggi lain, 14 orang menjadi guru, 1 orang menjadi teknisi di SMK, 2 orang berkarir di kementerian perhubungan, 17 orang berkarir di industry otomotif, dan 7 orang lagi berwiraswasta dengan membuka usaha sendiri.

Bagi mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 Jurusan Otomotif FT UNY, anda semua di tantang untuk turut serta aktif dalam mengembangkan bengkel prototype Honda Jurusan PT. Otomotif FT UNY. J